Tujuan utama berhijrah untuk perubahan.



 Kisah Hijrah untuk mendapatkan rizki yang luas
 Kisah Hijrah untuk mendapatkan rizki yang luas

"Barang siapa hijrah dijalan Allah niscaya mereka mendapati dimuka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak.

"Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan RosulNya kemudian kematian menimpanya sebelum sampai ketempat yang dituju maka sungguh telah tetap pahalanya disisi Allah dan Adalah Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.
QS An-Nisa' 100.

Setelah meninggalnya Abu thalib,paman rosulullah SWT dan meninggalnya khadijah istri nabi .
para ahli sejarah menyebut sebagai Ammul huzn...

sebagai tahun kesedihan dan pada saat itu tekanan dan permusuhan kaum kafir quraish  semakin meningkat.

bahkan ancaman kepada nabi pun semakin meningkat.

ditengah duka dan derita rosullulah  ,Allah SWT menurunkan perintah untuk HIJRAH.

Ditahun ke 12 kenabian, rosullullah SAW mempersiapkan hijrah dengan menyampaikan dakwah kepada 6 orang dari yastrib/madinah,dari suku kadraj dan Aus didepan ka'bah dan mereka menerimanya ..

Setahun kemudian mereka menemui nabi dengan jumlah lebih banyak 12 orang,kemudian terjadilah baiat aqabah dimana mereka mengambil janji setia  menerima islam dan mendakwahkan ke kaum mereka di yastrib.

berikutnya datanglah rombongan haji 75 orang termasuk 12 orang yang menemui rosulluloh untuk meminta pindah ke yastrib, dengan memberikan jaminan perlindungan dan pembelaan terhadap dakwah beliau.

Rosulluloh menyambut permintaan tersebut dengan mengutus sahabat mus'ab bin umair turut serta dalam rombongan ke yastrib untuk dakwah disana.

selanjutnya rosulluloh mempersiapkan diri ,sahabat Ali diminta untuk menggantikan posisi tidurnya. 

kemudian bergerak dimalam hari bersama abu bakar menuju gua tsur.dan menetap disitu selama tiga hari.

sambil melihat situasi yang aman perjalanan dilanjutkan  menuju yastrib 
menyusuri pinggiran pantai laut merah ,jalur yang tidak biasa dilalui menuju madinah 
dengan pemandu jalan Abdulah bin uraiqit yang saat itu masih kafir.

Dari peristiwa itu kita lihat bahwa Rosullullah sangat memperhatikan perencanaan ,tahapan,strategi,dan juga pemahaman akan sumber daya manusia yang unggul. 

sehingga tujuan hijrah tercapai dengan persiapan pengaturan dan strategi yang luar biasa.

Sesampai dimadinah langkah awal yang dilakukan adalah membangun masjid Quba dan menata kehidupan sosial masyarakat madinah, dengan menyatukan  penduduk madinah dengan kaum anshor,dan penduduk muhajirin.

persahabatan kaum anshor dan muhajirin diabadikan dalam Alq'uran dengan jaminan dan penghargaan yang tinggi ridho allah dan jaminan surganya. yang abadi...

Allah berfirma dalam QS At-taubah :100

"Orang -orang yang terdahulu yang pertama tama masuk islam dari golongan muhajirin dan anshor dan orang -orang yang mengikuti mereka dengan baik.Allah ridho kepada mereka dan merekapun ridho kepada Allah .
"dan Allah meyediakan kepada mereka Surga-Surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya selama lamanya dan mereka kekal didalamnya itulah kemenangan yang besar.

Hijrah rosul ke madinah ,mengakhiri tahapan dakwah beliau dikurun 13 tahun periode mekkah yang begitu banyak halangan,hadangan,rintangan,penyiksaan dan kehilangan nyawa para sahabat rosulullah.

meskipun dalam tahapan dakwah 13 tahun di mekkah rosul tidak banyak sahabat ,didakwah berikutnya Allah telah menetapkan sahabat terbaiknya dialah ,

Sayyidina hamzah,paman rosul yang kelak jadi pahlawan syahid di medan jihad uhud.

Abu bakar as-siddiq  sahabat yang sekaligus teman bermainnya yang kelak akan menjadi khalifah pertama.

Umar bin khattab sang pendekar quraish.

Utsman bin affan tokoh quraish dan pedagang kaya raya.

Ali bin abi tholib anak pamannya yang setia menemani semuanya kelak jadi khalifah penghanti beliau.

dan periode 10 tahun dimadinah dalam dakwah yang penuh kemenangan menjadi pembelajaran untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas jamaahnya.

Dalam konteks hari ini ,momentum hijrah rosul menjadi sumber pembelajaran ,perenungan sejauh mana pembelaan kita terhadap islam yang telah susah payah dibangun oleh rosullulah,para sahabat,

dan generasi berikutnya yang hanya memperingati tahun baru islam saja kita enggan ,sementara kita meramaikan tahun baru masehi milik mereka.

Dimana pembelaan kita terhadap islam hari ini..

semoga bermanfaat...


Manfaat susu bear brand

Manfaat susu bear brand cap beruang Sudahkah anda mengenali manfaat dari susu beruang ini, Berikut adalah penjelasan dari manfaat susu...