Amalan penting untuk meraih kemuliaan dibulan rajab.


Amalan penting untuk meraih kemuliaan dibulan rajab.
Amalan penting untuk meraih kemuliaan dibulan rajab.

meraih meraih kemuliaan di bulan rajab.

Allah menetapkan bulan tertentu sebagai bulan haram atau suci ,
di dalamnya Allah menetapkan kemuliaan dan kehormatan yang wajib dijaga.

Allah berfirman,
 "sungguh bilangan bulan menurut Allah ada 12 bulan dalam catatan allah saat ia menciptakan langit dan bumi diantaranya terdapat 4 bulan haram atau Suci .

itulah agama yang lurus karena itu janganlah kalian menzolimi diri kalian sendiri pada bulan-bulan itu. Quran at-taubah 9 :36 .

4 bulan suci tersebut dijelaskan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.
"Sungguh waktu itu telah diputar sebagaimana keadaan saat Allah menciptakan langit dan bumi 1 tahun itu ada 12 bulan diantaranya ada 4 bulan haram atau suci.

3 berurutan yaitu dzulqo'dah Dzulhijjah dan Muharram lalu Rajab bulan mudharr yang terdapat diantara Jumadi dan sya'ban.
 (HR muslim ).

Amalan utama dibulan dzulhijjah

dalam Quran surat at-taubah ayat 36.diatas Allah melarang kita mendzolimi diri sendiri pada bulan-bulan tersebut. termasuk pada saat ini apalagi mendzolimi pihak lain.

Imam Al Baihaqi menyatakan bahwa Allah telah menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan-bulan haram tersebut termasuk pada bulan Rajab ini lebih besar.

itu juga amal shaleh dan pahalanya yang dilakukan pada bulan-bulan haram tersebut juga sangat besar. (al-baihaqi).

Imam As Syafii telah melipatgandakan Diyat atau uang tebusan atas pembunuhan karena keliru yang dilakukan pada bulan-bulan haram.

 karena bersandar pada riwayat dari Ibnu Umar dan Ibnu Abbas diantara kemuliaan bulan haram termasuk bulan Rajab sekarang ini.

dengan demikian diantara kemuliaan bulan-bulan Haram atau Suci termasuk bulan Rajab adalah

"dilipat gandakan dosa atau pahala manusia

Peristiwa penting pada bulan Rajab

Atas izin Allah banyak sekali Kemuliaan bagi kaum muslim.
realisasi dalam bulan Rajab,misalnya menjadi momen hijrah kaum muslim yang pertama ke habasyah pada tahun ke 5 kenabian .

pada bulan Rajab bulan Allah meng-Isra- Mi'raj- kan Rasulullah pada tahun ke 10 kenabian. dalam Isra Mi'raj itu Nabi Muhammad tidak hanya menerima perintah shalat beliau dikukuhkan sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia .
saat itu beliau dititahkan menjadi imam para nabi dan rasul terdahulu di Baitul Maqdis.

Atas kehendak allah bulan rajab pun menjadi momen pertemuan pertama kali nabi muhammad dengan kaum anshar yang mempunyai kemuliaan.

melalui tangan mereka negara islam pertama tegak di madinah,sejak  itu seluruh hukum syariah pun bisa diterapkan secara total.

dengan itu kesucian darah harta dan jiwa pun bisa terjaga.

bulan Rajab juga telah dijadikan oleh Allah sebagai momen istimewa peralihan kiblat kaum muslim dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.

pada bulan Rajab pula yakni pada tahun kedua Hijriah Rasulullah mengirimkan  Detasemen Abdullah bin jahsy. pengiriman Detasemen ini menjadi pendahuluan atas peristiwa Perang Badar.

 demikian pula Perang Tabuk yang menggetarkan adidaya Romawi peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab yaitu pada tahun 9 Hijriyah.

bulan Rajab juga telah menjadi momen penting bagi perwujudan kemuliaan pada generasi setelahnya.

 kota damaskus dibebaskan oleh kaum Muslim di bawah Panglima Abu Ubaidah bin Al jarrah ra dan Khalid bin Walid pada bulan Rajab.

perang yarmuk yang dipimpin oleh Khalid bin Walid ra menghadapi Romawi juga terjadi pada bulan Rajab tahun 15 Hijriyah 636 Masehi.

Khalid bin Walid membebaskan hirah, irak juga pada bulan Rajab

Baitul Maqdis berhasil direbut kembali oleh kaum muslim pada bulan Rajab tepatnya pada 28 derajat 58 Hijriyah atau 2 Oktober 1187 m di bawah kepemimpinan Salahuddin Al Ayyubi setelah mereka mengalahkan pasukan salib dalam perang hittin.

saat itupun azan kembali dikumandangkan dan salat Jumat kembali dilaksanakan di Masjid Al Aqsa setelah 88 tahun di duduki tentara salib.

# meraih kemuliaan di bulan haram#

 kaum muslimin dulu telah begitu rupa memuliakan dan menjaga kehormatan bulan haram termasuk bulan Rajab, pada bulan ini mereka mempersembahkan amal amal mulia dan spektakuler serta prestasi monumental yang dicatat dengan Tinta Emas sejarah untuk Kemuliaan Islam dan kaum muslim.

karena itu seyogyanya kaum muslim saat ini pun memuliakan bulan-bulan haram termasuk bulan Rajab ini dengan melibatkan gandakan amal-amal terbaik.

caranya pertama dengan berhenti dari apa saja yang menyalahi hukum allah yang bisa mendatangkan murka-Nya.

misalnya menghentikan muamalah yang haram seperti riba, menjauhi hasad dan dengki meninggalkan caci maki ,menjauhi segala tindakan yang melanggar hak orang lain.

termasuk dalam hal ini meninggalkan segala bentuk kezaliman dan tidak mendukung orang-orang zalim.

 sebagaimana firman Allah "janganlah kalian cenderung kepada orang-orang zalim yang menyebabkan kalian disentuh api neraka.
 QS Hud 11 :113

Apalagi jika pelaku kezaliman adalah para pemimpin terutama yang suka berbohong .

Rosul SAW bersabda. "sesungguhnya ada sesudahku para pemimpin Siapa saja yang membenarkan kebohongan mereka dan membantu kezaliman mereka bukan golonganku dan akupun bukan golongannya dan ia tidak akan masuk menemaniku di Telaga. "HR an nasai dan Al Hakim.

#kedua dengan melaksanakan amal shaleh giat melaksanakan kewajiban dari Allah dan memperbanyak amalan sunnah.

karena itu pada bulan Rajab ini misalnya kita harus makin disiplin dalam menunaikan shalat lima waktu, memperbanyak shalat Sunnah, puasa sunnah ,dan sedekah.

 menasehati orang lain membantu orang lain melakukan Amar ma'ruf nahi munkar, dan amalan sholeh lainnya.

 yang juga Termasuk amal shaleh adalah menunaikan fardhu kifayah salah satunya adalah menegaskan "kifayah" Yakni dengan mengangkat dan membaiat Imam atau khalifah yang bertugas menerapkan syariat Islam secara Kaffah dalam seluruh aspek kehidupan.

 Al-imam al-hafizh Abu zakariya an nawawi As Syafii berkata.
 "umat Islam wajib memiliki seorang Imam atau khalifah yang menegakkan agama ,menolong sunnah memberikan hak kepada orang yang bisa menunaikan hak dan, menempatkan hal tersebut pada tempatnya .
saya menyatakan bahwa menegakkan Imamah adalah fardhu kifayah .

pelaksanaan kewajiban yang merupakan fardhu kifayah yaitu dijelaskan oleh Imam Abu Ishaq Al syatibi di dalam kitabnya Al muwafaqat 1/179 .

Beliau mengatakan "karena itu siapa saja yang mampu atas wilayah atau kekuasaan ia dituntut menegakkan kekuasaan itu.

 siapa saja yang tidak mampu atas kekuasaan tersebut ia dituntut dengan perkara lain.
Yaitu mengangkat orang yang mampu dan memaksa dia untuk menegakkan kekuasaan itu.
 Jadi orang yang mampu dituntut menegakkan fardhu itu dan orang yang tidak mampu dituntut mengadakan orangbyang mampu itu.

#Hikmahnya"

Hendaknya kita tidak mengabaikan kemuliaan bulan haram termasuk bulan Rajab .
dan kita menjauhi larangan-larangan Allah dan sebaliknya hendaknya kita giat memperbanyak amalan-amalan sholeh.

Hendaknya bulan Rajab ini pun kita jadikan momen untuk mengokohkan tekad menggelorakan semangat dan berpartisipasi semaksimal mungkin.

" mewujudkan penerapan Syariah Islam secara Kaffah .
itulah wujud hakiki ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Ketakwaan seperti inilah yang akan mewujudkan aneka keberkahan dari langit dan bumi untuk kita.

sebagaimana yang Allah janjikan. "Andai penduduk negeri beriman dan bertaqwa  kami pasti akan membuka untuk mereka ragam keberkahan dari langit dan bumi.

"akan tetapi mereka mendustakan kami ,karena itu kami mengazab mereka karena perbuatan dosa yang telah menikah lakukan.
 QS al-a'raf 7 :96

 hikmahnya Allah berfirman. Katakanlah." Bekerjalah kalian Lalu Allah dan rasulnya serta kaum mukmin akan melihat pekerjaan kalian itu dan kalian akan dikembalikan kepada Allah yang Maha Tahu atas perkara yang gaib maupun yang nyata.
kemudian dia akan memberitahu kalian apa saja yang telah kalian kerjakan.
 QS at-taubah 9 :105

"buletin dakwah Kaffah"

Manfaat susu bear brand

Manfaat susu bear brand cap beruang Sudahkah anda mengenali manfaat dari susu beruang ini, Berikut adalah penjelasan dari manfaat susu...